FLP JATIM RAYAKAN MILAD KE-24 FLP DENGAN MENGADAKAN WEBINAR NASIONAL

Share:

FLPJatim.com,- Pada ahad, 21 Februari 2021 Forum Lingkar Pena wilayah Jatim merayakan milad ke-24 FLP dengan mengadakan webinar nasional. Webinar ini menghadirkan pemateri dari Dewan Pertimbangan FLP sekaligus novelis Habiburrahman El-Shirazy. Acara webinar yang dihadiri oleh 191 orang ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 11.30 WIB. Mengingat masih pandemi covid 19, dan tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara luring, maka webinar kali ini diadakan secara daring melalui ruang virtual zoom.

Tema yang diangkat pada webinar kali ini adalah " Merajut Asa, Membumikan Aksara.” Bunda Novi selaku ketua FLP Jatim dalam sambutannya mengatakan bahwa penentuan tema ini bukan tanpa sebab, tetapi merujuk pada visi FLP yang ingin menjadi organisasi yang mencerahkan lewat tulisan. Dan ini diterjemahkan dalam misinya yang ketiga yaitu meningkatkan budaya baca dan menulis di kalangan masyarakat. Apalagi saat ini di Indonesia sedang darurat literasi. Dan dia juga berharap melalui webinar ini akan muncul brand ambassador literasi di daerah-daerah.

Materi yang disampaikan kang Abik sangat luar biasa. Diawali dengan sejarah literasi sejak zaman Rosulullah sampai masa keemasan peradaban Islam. Beliau juga memaparkan tokoh-tokoh dunia yang berhasil selama ini karena mereka suka membaca, bahkan Mohammad Hatta ketika pulang dari studinya di Belanda beliau membawa pulang semua bukunya. Untuk menata buku-buku tersebut, beliau menghabiskan waktu 3 bulan. Sudah bisa dibayangkan berapa banyak bukunya. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan tips menulis bagi pemula, pertama, menulis apa yang kita sukai, agar energi cinta kita muncul untuk menyelesaikan tulisan kita. Kedua, tulislah apa yang kita tahu, karena menulis yang kita tahu akan membuat kita nyaman dengan tulisan kita, meminimalisir menjerumuskan orang lain, dan kita akan bisa menemukan diksi yang terbaik. Ketiga, tulislah apa yang paling dekat dengan kita, dengan begitu kita akan bisa menjelaskannya lebih detail dari tulisan kita. Selain tips menulis beliau juga menguatkan motivasi kita untuk istiqamah dalam membaca dan menulis.

Di akhir acara ini ditutup dengan penganugerahan Pena Jatim Awards 2020 ketegori karya perorangan, yakni penulis non fiksi terpuji, penulis novel terpuji, penulis cerpen terpuji, penulis puisi terpuji, penulis esai/ artikel / opini terpuji, serta penulis produktif dan teladan. Semoga Forum Lingkar Pena semakin jaya dan bisa menebar manfaat untuk membumikan literasi di Indonesia.

Tidak ada komentar