Menjadi Orang Tua Baru Anti Panik

Share:
Flpjatim.com,- Bagi pasangan yang telah menikah hadirnya sang buah hati dalam rumah tangga pasti sangat dinanti. Kala sang buah hati itu hadir ada bahagia yang tak terkata. Menjadi orang tua adalah anugerah yang terindah. Namun tentu saja bagi pasangan yang baru saja diberi momongan dan belum berpengalaman mengasuh anak pernah mengalami kepanikan-kepanikan. 
Menjadi Orang Tua Baru Anti Panik

Bagaimana jika anak menangis, sedangkan bayi hanya bisa berkomunikasi dengan tangisan. Menerjemah tangisan anak tentang apa yang diinginkan. Apalagi jika demam, apakah demam itu penyakit atau reaksi alami tubuh. Keinginan pasangan memberi ASI Esklusif untuk sang buah hati tetapi ASI malah tidak keluar. 

Menjadi orang tua tidaklah mudah, oleh karena itu orang tua harus banyak belajar. Belajar kepada orang tua, kepada teman yang lebih berpengalaman, melalui internet atau membaca buku. Buku anti panik bisa menjadi alternatif pasutri yang baru mempunyai anak agar tidak terjangkit panik berlebihan. Buku ini berisi tentang kumpulan informasi dan tips-tips praktis yang dibutuhkan orang tua seputar pengasuhan dan perkembangan anak 0-3 tahun. 

Buku yang ditulis keroyokan oleh psikolog, dokter anak dan juga ibu yang berpengalaman ini memilih tema mengasuh dengan cinta. Kita juga akan belajar bagaimana seharusnya memberi stimulasi anak, tentang kesehatan dan juga membedakan mana mitos atau fakta seputar pengasuhan anak. Pembahasan dalam buku ini terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan usia anak, mulai usia, 0-3 bulan, 6-18 bulan, 12-18 bulan, 18-24 bulan dan 24-36 bulan. 

Usia 0-3 tahun dipilih oleh tim penulis mengingat bahwa pada usia tersebut bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dalam kemampuan berfikir, sosial emosional, dan motorik. Perkembangan di tiga tahun pertama juga merupakan pondasi dari perkembangan anak di masa selanjutnya. 

Kelebihan buku ini informatif, bahasanya ringan, to the point, mudah membacanya, dan mudah dipraktekkan. Buku ini meski tebal tetapi tidak membuat kita capek karena disajikan dengan full colour dan gambar sehingga sangat cocok bagi ibu yang tidak punya banyak waktu untuk membaca. Jika toko ada istilah one stop shopping, maka buku ini sangat cocok untuk itu. Namun karena sifatnya yang to the point kita tidak akan banyak menemukan penjelasan panjang lebar tentang topik tertentu. Tetapi over all buku ini sangat cocok untuk dijadikan panduan lengkap untuk solusi panik menjadi orang tua baru. 


Judul buku : Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun 
Pengarang : Tiga Generasi 
Penerbit : Wahyu Media 
Tahun terbit : Cetakan Keempat, 2016 
Jumlah halaman: 392 halaman


Penulis:
Verena Mumtaz
, Humas FLP Jawa Timur

Tidak ada komentar