7 Penulis Sekaligus Youtuber Bertema Kepenulisan Yang Harus di-Subscribed!

Share:
Flpjatim.com,- Berkembangnya teknologi internet membuat kita bisa mengakses youtube pun lebih mudah. Youtube pun juga ada yang membahas tentang kepenulisan. Namun yang dibahas dalam artikel ini adalah para penulis yang sudah memiliki karya yang diterbitkan dan memiliki video bertema kepenulisan di akun youtube-nya.
7 Penulis Sekaligus Youtuber Bertema Kepenulisan Yang Harus di-Subscribed!

7 Penulis Sekaligus Youtuber Bertema Kepenulisan

Selain penulis novel, youtuber bertema kepenulisan ini juga menjadi script writer, penulis buku anak, editor, bahkan musikus yang juga menulis buku serta puisi. Yuk, kita baca siapa saja penulis sekaligus youtuber bertema kepenulisan yang harus di-subscribed.

1. Asma nadia

Penulis novel yang karyanya sudah banyak difilmkan ini memiliki akun youtube yang tidak boleh dilewatkan untuk di-subscribed oleh para penggemar novel-novel karya Asma Nadia. Meski hanya dua video yang diunggah perihal tips menulis, namun dua video ini penting untuk (menambah pengetahuan kita dalam dunia kepenulisan seperti membuat judul yang menarik dan kelebihan serta kekurangan seorang penulis.
7 Penulis Sekaligus Youtuber Bertema Kepenulisan Yang Harus di-Subscribed!

Asma Nadia menjelaskan bagaimana membuat judul yang menarik dan tidak bisa ditebak alur ceritanya oleh pembaca. Asma Nadia memberikan beberapa contoh judul yang mudah ditebak dan yang tidak mudah ditebak.

2. Agnes Jessica

Agnes Jessica juga terkenal sebagai penulis novel remaja dan dewasa. Di tahun 2000-an, ia sudah menulis lebih dari 20 novel. Dalam akun youtube-nya yang bernama Agnes Jessica Novel dan memiliki tiga ribuan subscriber, ia mengunggah sekitar sembilan video yang membahas tentang bagaimana menulis yang baik, menulis novel, mendapatkan ide, mengatasi writer block, mengajukan ke penerbit, menerbitkan sendiri, bahkan saran jika karya kita diplagiat.

3. Raditya Dika

Penulis yang terkenal sebagai penulis buku, komedian, sutradara dan aktor ini memiliki subscriber yang banyak sekali, sekitar tujuh juta subscriber! Karya-karyanya banyak bergenre komedi. Meski dalam akunnya sebagian besar mengunggah video tentang lawakan, ia juga mengunggah beberapa video tentang tips menulis skenario film. Jadi bagi kalian yang sedang belajar membuat script, coba tonton video dari sutradara satu ini.
7 Penulis Sekaligus Youtuber Bertema Kepenulisan Yang Harus di-Subscribed!

4. Benny Rhamdani

Seorang CEO Pastel Books dan penulis buku anak ini memiliki akun youtube yang isinya didominasi tips-tips kepenulisan cerita anak. Meski subscribers-nya masih dua ratusan, tapi video-video yang diunggah sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin menulis cerita anak dan ingin menerbitkan buku, seperti menulis buku bergambar untuk anak-anak, membuat judul, dan juga tema KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya) yang laris di pasaran. Tak hanya itu, Benny Rhamdani juga mengunggah video tentang menulis cerita di Wattpad yang bisa diterbitkan.

5. Fahd Pahdepie

Seorang penulis novel, biografi, sekaligus Advisor di Kantor Staf Kepresidenan RI ini juga memiliki akun youtube yang membahas berbagai macam hal termasuk menulis. Di akun youtube-nya, ia membuat playlist khusus hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan yang berjudul Kelas Menulis Fahd Pahdepie.

6. Fiersa Besari

Seorang musikus sekaligus penulis yang suka sekali mendaki gunung ini memiliki subscriber mencapai satu juta. Kalimat-kalimat yang dibuat dalam videonya mengandung pesan-pesan kepada anak muda dan membuat para subscriber betah menonton.
7 Penulis Sekaligus Youtuber Bertema Kepenulisan Yang Harus di-Subscribed!

Membacakan puisi sambil diiringi musik dengan latar keindahan alam Indonesia adalah kekhasan akun youtube Fiersa. Ia juga mengunggah video tentan7g tips menulis, menerbitkan buku, dan alasan menulis. Meski tips menulis tidak banyak, namun video-videonya bisa menjadi inspirasi dalam menulis puisi.

7. Ayu Utami

Penulis novel 'Saman' yang memenangi Dewan Kesenian Jakarta tahun 1998 ini juga memiliki akun youtube yang memberi tips dalam menulis. Meski tak banyak, tapi tips menulis dari penulis senior ini cukup unik dan tidak biasa. Jika kita mampu mengolah dan menerapkannya dalam tulisan kita, insyallah kualitas tulisan fiksi kita akan lebih baik.

Meski sudah belajar dari video-video bertema kepenulisan para penulis di atas, memang harusnya kita sering-sering latihan dan membaca karya-karya penulis-penulis lainnya. Dengan latihan terus-menerus insyallah karya kita jadi lebih baik. Jadi, tetap semangat menebar kebaikan.

Profil singkat :
Lita Lestianti, anggota FLP Malang, ibu rumah tangga, blogger. Sekarang aktif menulis cerita anak dan cerita pendek. Kunjungi blognya www.lestelita.com.

Tidak ada komentar