5 Tips Agar Produktif Menulis

Share:
Flpjatim.com,- Kondisi sekarang ini memaksa kita untuk tetap di rumah. Tetapi sebagai seorang yang suka menulis, yang punya hubungan dengan dunia literasi, tentunya produktif adalah hal yang penting. 
5 Tips Agar Produktif Menulis

5 Tips Agar Produktif Menulis

Sebagai seseorang yang disebut sebagai pegiat literasi, atau bahkan menyukai dunia literasi, harusnya menulis menjadi sebuah kebutuhan, bukan lagi menyempatkan tetapi menulis setiap saat. Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktifitas adalah dengan:

1. Menulis Setiap Hari

Alangkah baiknya apabila kita bisa menulis setiap harinya. Karena semakin kita terbiasa menulis, maka kegiatan menulis akan menjadi sebuah kebutuhan. Seperti ada ruang kosong ketika kita tidak menulis.

2. Hindari Mengedir Naskah Saat Menulis

Jangan sesekali melakukan editing ketika menulis, karena hal ini bisa mengganggu proses selesainya naskahmu. Kalau ingin melakukan editing, editing ketika sudah beberapa saat naskah selesai. Usahakan mood dalam kondisi bagus juga.

3. Menjauh Dari Hal Yang Mengganggu

Media sosial, gadget adalah dua hal yang paling sering mengganggu. Karena sangat susah untuk lepas dari kedua hal ini. Tetapi sesekali, ketika fokus dalam menulis cobalah untuk menjauh dari dua hal tersebut. Misalnya dengan cara menonaktifkan handphone dan laptop tidak tersambung dengan internet.

4. Istirahat Yang Cukup

Istirahatkanlah jiwamu, karena otak dan hati juga butuh sedikit jeda untuk menuai rindu. Jangan terlalu memaksakan, karena ketika istirahat kurang konsentrasi menulis bisa saja terganggu. Bukan produktif yang terjadi tetapi malah amburadul.

5. Perbanyak Membaca

Membaca dan menulis adalah sua bagian yang susah untuk terpisahkan. Karena keduanya saling berhubungan. Hingga ada yang pernah bilang kalau sekolahnya seorang penulis itu adalah membaca. Dan apa yang kamu tulisan adalah sebenarnya representasi dari apa yang pernah dibaca.

Sudah ya tips untuk hari ini. Semoga bermanfaat, see you!

Profil Penulis:
Ilham Sadli, Koordiv Humas FLP wilayah Jawa Timur

1 komentar:

  1. Nah point nomor dua itu yang sering banget aku lakukan, makanya nulis susah kelar...

    BalasHapus