Review 50 Cerita Fabel Dunia

Oleh : Wiwik Khafidzoh
Sekretaris FLP Wilayah Jawa Timur

Salah satu cara menanamkan karakter pada anak adalah dengan membacakan buku cerita. Buku cerita selain merangsang imajinasi anak juga bisa menambah kosa kata mereka. Cerita itu bisa berupa cerita pendek, dongeng atau pun fabel. Fabel menceritakan dunia binatang tetapi binatang itu bisa bertindak seolah-olah seperti manusia.

Dalam buku 50 cerita fabel dunia terdapat 50 cerita fabel yang sangat cocok untuk dibaca anak atau bisa dibacakan oleh orang tua sebagai pengantar tidur bagi ananda. Fable ini berasal dari berbagai belahan dunia, diantaranya dari Yunani, Australia, Spanyol, Afrika, dan Indonesia.

Buku ini bercerita tentang asal-usul anjing dan kucing bermusuhan, tubuh Zebra belang hitam, mengapa elang mengincar anak ayam dan lain sebagainya. Di buku itu juga disisipkan pendidikan karakter agar anak tidak sombong, selalu mematuhi orang tua, saling tolong menolong dan sebagainya. Terdapat kisah Kera yang coroboh. Dia melihat bulan tenggelam di dasar sumur. Padahal itu hanya bayangan bulan. Pemimpin monyet mengumpulkan kelompoknya untuk menyelamatkan bulan. Dia menyuruh salah satu monyet untuk berpegangan ke sebuah dahan sedangkan monyet yang lain akan berpegangan tangan sampai ke dasar sumur. Tetapi dahan tersebut patah, dan akhirnya semua monyet jatuh ke dasar sumur.

Ada banyak lagi cerita seru, meski ada beberapa cerita yang menurut saya kurang tuntas, misalkan pada mengapa ikan hidup di air dan lain sebagainya. Tetapi buku ini bagus, ilustrasinya besar-besar, lucu dan gambarnya cukup menarik bagi anak-anak.

Judul: 50 Cerita Fabel Dunia
Pengarang: Stella Ernes
Penerbit: Anak Kita
Terbit: Cetakan pertama, 2013
Tebal: 112 hlm
ISBN: 978-602-9003-96-8
Genre: Cerita Anak

Komentar