Kata Siapa Menulis itu Susah? : Keseruan Workshop Menulis Sehari Langsung Jadi bersama FLP Sidoarjo dan Penerbit Satoe




Menulis itu susah ? kata siapa? Mungkin itu hanya persepsi sebagian teman-teman yang belum mengenal dunia kepenulisan. Karena sebenarnya menulis itu gampang lho! Hal itu sudah dibuktikan oleh para peserta Workshop Sehari Menulis Langsung Jadi yang diselengarakan oleh FLP Sidoarjo yang bekerjasama dengan Penerbit Satoe.

Acara ini dilaksanakan pada hari minggu, 1 April 2018 di Hotel Edotel Buduran, Sidoarjo. Pukul 09:00 hingga 17:00. Dengan pemateri workshop yang berasal dari para pakar yang telah berpengalaman di bidangnya. Yaitu Mas Rafif Amir Ahnaf, ketua FLP Jatim, yang telah malang melintang di dunia kepenulisan. Artikelnya telah tersebar di mana-mana. Beliau juga sudah menerbitkan beberapa buku.  Yang kedua adalah Mbak Ulin Nurviana seorang penulis dari Magetan yang novelnya telah di terbitkan oleh Penerbit Mayor. Yang ketiga adalah Mas Zayyin Ahmad ketua FLP Surabaya, founder Main ke Masjid yang juga sudah menerbitkan buku. Dan yang terakhir adalah Mas Ibra Maulan Tigotsulatsi dari Penerbit Satoe.

Materi pertama diberikan Mas oleh Rafif Amir yaitu tentang proses menemukan ide. Setelah itu peserta diberikan tantangan menulis selama sepuluh menit tanpa henti. Peserta yang berjumlah sebelas orang ini berhasil menyelesaikan tantangan menulis tersebut.


Lalu acara dilanjutkan dengan motivasi dari Mbak Ulin Nurviana tentang proses kreatif menulis novel. Tak lupa kiat dan proses penerbitan buku juga dibahas oleh Zayyin Ahmad dan Ibra Maulan Tigotsulatsi pada peserta yang ingin menerbitkan karyanya ke Penerbit Mayor. Respon positif terlihat jelas dari wajah peserta workshop kala berhasil menyelesaiakan cerpen mereka di sesi menulis cerpen bertema kisah inspiratif. (Kyota)


Komentar