Liburan Seru bersama Kelas Menulis Cahaya

Liburan akhir tahun 2017 adalah agenda krusial FLP Pamekasan. Organisasi literasi ini mengadakan Kelas Menulis Cahaya selama lima hari yang dimulai dengan Pelatihan Membuat Komik pada tanggal 26-27 Desember 2017.
Pelatihan komik dibimbing oleh M. Muzaky Al-Amin atau akrab disapa dengan Kak Zaky. Anggota FLP Jombang yang telah memenangkan berbagai penghargaan di tingkat nasional. Salah satunya Lomba Komik Nasional 2017 yang diadakan di Kota Surakarta. Pelatihan Komik dihadiri 28 peserta yang bertempat di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan.
Pada hari pertama, peserta diajari teori dasar menggambar dan bagaimana mengubah hobi menjadi uang. Sedangkan di hari kedua (27/12) dengan peserta sebanyak 32 anak, mereka langsung dibimbing membuat komik yang profesional.

Kelas Komik
Di hari ketiga (28/12) Kelas Menulis berkunjung ke Radar Madura dalam rangka Pelatihan Jurnalistik untuk anak-anak berumur 8-12 tahun. Setelah mendapatkan materi dari Kak Frengki, 33 anak yang hadir di hari Kamis, diminta untuk mewancarai  masyarakat yang tersebar di daerah Pendopo Pamekasan. Berbagai profesi seperti polisi dan tukang parkir mereka beri pertanyaan secara berkelompok.
Pelatihan Jurnalistik
Hari keempat (29/12) ini dihadiri oleh 34 orang anak. Hari yang memang dikhususkan untuk Pelatihan Menulis Cerita Anak bersama Kak Emmus. Salah satu mentor Kelas Menulis Cahaya FLP Pamekasan yang telah memiliki beberapa buku. Salah satunya berjudul Teror Bayangan. Jum'at (30/12) Kelas Menulis Cahaya berpindah tempat ke Ruang Anak Perpustakaan Daerah Pamekasan.

Kelas Cerita Anak
Di penghujung acara, para peserta bertualang ke Bukit Cinta SPM (Selamat Pagi Madura) Pamekasan pada hari Sabtu (30/12). Panitia juga memberikan pengumuman terkait peserta-peserta terbaik.

Bertualang ke Bukit Cinta SPM
Untuk kategori Komik Terbaik terpilih Aisya Qanita Safarina dan Aisha Qatrun Nada. Muhammad Qaiser A.F dan Hilalah Nur Cholik adalah peserta teraktif dengan hasil hasil wawancara yang memuaskan. Sedangkan di kelas cerita anak, Kak Emmus selaku pemateri kelas memilih Hayza Dina Auliya dan Farhatul Aimmah sebagai penulis cerita anak terbaik.
Kakak panitia juga tak luput dari perhatian.  Kak Novi dan Kak Vicky mendapatkan sebagai mentor terbaik di Kelas Menulis Cahaya.

Komentar